Latest Movie :

Sekedar sharing mengenai Widescreen & Fullscreen, 3D SBS & Urutan Kualitas Film

Mungkin bagi kita yang sering atau Hobi menonton film, entah itu film yang kita beli , Download, atau dari manapun itu, pasti masih ada yang belum mengerti apa itu widescreen & Fullscreen, 3D SBS, Atau masih ada yang belum tau mana kualitas film yang baik.
Berikut adalah beberapa penjelasannya :

1. APA BEDA WIDESCREEN DAN FULLSCREEN

Perbedaan dalam tampilan memang hal paling jelas yang bisa dilihat, di mana widescreen itu di layar akan terlihat daerah hitam di atas dan di bawah gambar, sedangkan full screen sesuai namanya, gambar di layar dalam kondisi penuh.

Banyak orang yang lebih suka menonton film yang full screen, karena tidak suka dengan daerah hitam pada mode widescreen. Itu sebenarnya hal yang kurang tepat, karena pada mode full screen terkadang akan ada gambar yang tak terlihat seperti yang ada di mode widescreen.

Perbedaan lainnya adalah widescreen itu punya aspek rasio sebesar 16:9. Sedangkan full screen itu rasionya 4:3.
Ini berarti bahwa film yang dibuat mode full screen akan "dipaksa" untuk meng-crop dan mem-fit-kan gambar dari widescreen yang ukuran lebarnya jauh lebih panjang dari ukuran tingginya.

Film itu biasanya oleh editor akan dijadikan mode widescreen, karena layar bioskop memang mengakomodasi untuk itu. Sedangkan jika ada versi full screen itu biasanya untuk DVD atau device lainnya yang perlu diputar menggunakan televisi, karena tidak semua TV mengakomodir mode widescreen.

Rata-rata sutradara tidak suka dengan mode full screen, karena mode ini tidak menggambarkan visi sesungguhnya dari sutradara saat pengambilan gambar.

2. APA ITU FILM 3D SBS ( SIDE BY SIDE )

film 3D Half SBS adalah film yang di buat dengan 2 kamera dan dengan sudut pandang yang berbeda,jadi film yang dihasilkan terdapat 2 layar (kanan-kiri). Dua (2) gambar ini nantinya akan disatukan melalui device 3D seperti TV LED 3D sehingga muncul efek 3 Dimensi

Dalam 1 buah frame terdiri dari 2 buah sub-frames untuk kedua belah mata (kiri dan kanan). Ketika TV 3D menerima frame 3D Side by Side, maka TV akan merubah frame tsb menjadi sub-frame kiri dan kanan dan melakukan proses upscale dari sub-frame tsb ke ukuran HD dengan menggunakan algoritma upscaling (seandainya original dari Side by Side terdiri dari setengah resolusi horisontal) dan kemudian menampilkan sub-frames dalam bentuk Frame Sequential untuk menghasilkan effek 3D.

Format 3D Side by Side termasuk dalam kategori format 3D Frame Compatible atau “Half Side-by-Side”, dimana setiap sub-frame dari frame full HD (sebagai contoh 960 X 1080 untuk menggantikan 1920 X 1080). Jadi setiap sub-frame hanya memiliki resolusi setengah (960 X 1080) dari resolusi Full HD (1920 X 1080) yang seharusnya.

Hal ini memungkinkan setiap frame untuk memilik ukuran yang sama seperti 2D HD yang umum, jadi akan memudahkan dalam melakukan proses transfer dan dapat dimainkan pada peralatan yang belum mensupport HDMI 1.4, misalnya HDMI 1.3.

3. PENGERTIAN DAN URUTAN KUALITAS FILM
  • BLURAY/BDRIP dan BRRIP (720p/i dan 1080p/i High Definition/HD) 
  • HD = 720p & 720i 
  • Full HD = 1080p & 1080i 
  • BRRip (Bluray Release Rip), adalah XviD hasil encode dari Bluray yang beredar di internet (contoh 1080p .mkv) 
  • BDRip (Bluray Released Rip), dasarnya sama dengan DVDRip hanya saja bersumber dari Bluray disk, dan kualitasnya keduanya sangat-sangat baik diatas DVDRip, dan biasanya dirilis dalam format file .mkv
  • WEBrip / WEB-DL (Mostly on TV Shows releases)
  • WEBRip adalah versi hasil rip (salinan) dari sebuah Website dengan kualitas bagus. 
  • WEB-DL biasanya bersumber dari iTunes Store atau 
  • Web-web penyedia tayangan film/TV dengan kualitas baik. Biasanya WEB-DL memiliki kualitas lebih baik dari HDTV karena menggunakan DD 5.1, maka ukuran file-nya pun lebih besar dari HDTV. Di versi WEB-DL juga biasanya tidak terdapat logo TV / iklan berjalan dibawah layar seperti yang terdapat di versi HDTV
  • 3. DVDRip (Adalah Film hasil copy dari DVD asli)
Sekian pengertian dari widescreen & Fullscreen, 3D SBS, Dan Urutan Kualitas Film. Semoga dapat menambah pengetahuan kita mengenai dunia Perfilm-an.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Dylian's Movie - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger